Home » » Tanjab Barat Kekurangan 728 Tenaga Guru SD

Tanjab Barat Kekurangan 728 Tenaga Guru SD

Written By Info Tanjab on 28 November, 2010 | 12:07 AM

KUALATUNGKAL-Dinas Pendidikan Kabupaten Tanjungjabung Barat hingga masih kekurangan ribuan  tenaga pendidik untuk sekolah-sekolah yang tersebar di 13 Kecamatan. Saat ini untuk guru SD yang masih sangat kurang jumlahnya.
 
Menurut Kepala Dinas Pendidikan Tanjungjabung Barat melalui Sekretaris Diknas Wahidin,  saat ini tercatat untuk tingkat SD yang ada di Kabupaten Tanjab Barat pihaknya kekurangan 728 guru PNS.

Dari 728 yang kurang itu kata dia, terbanyak adalah guru kelas, dimana kekurangan sebanyak 486 guru. Kemudian 95 orang guru Agama, dan 147 guru olahraga. Idealnya setiap SD mempunyai 6 guru berstatus PNS.

Namun, kondisi di lapangan berbeda. Dimana rata-rata setiap lembaga pendidikan SD yang ada di pelosok hanya ada dua sampai tiga guru PNS.

“Jumlah Guru SD yang ideal hanya ada di kecamatan Tungkal Ilir. Sementara di 12 kecamatan yang lain masih kekurangan guru SD. Paling banyak guru SD yang kurang yakni di wilayah kecamatan Pengabuan,” ujarnya.

Di Kecamatan Pengabuan, pihaknya menurut Amdani masih kekurangan 84 guru kelas, 11 guru agama dan 21 guru olahraga.  Sedangkan untuk tingkat SLTP dan SLTA, Amdani menyebutkan saat ini Diknas sedang mendata jumlah guru yang ada.

 "Belum selesai, mudah-mudahan dalam waktu dekat selesai. Sehingga kami bisa mengetahui berapa kebutuhan tenaga guru di Kabupaten Tanjab Barat,"sebutnya

 Langkah yang dilakukan untuk menutupi kekurangan tersebut, sambung Amdani, pihak sekolah yang kekurangan guru merekrut tenaga pendidik bersatus honorer. Mereka yang direkrut untuk mengajar ada yang masih kuliah dan sudah lulus.

 “Dibandingkan KBM tidak jalan, lebih baik merekrut tenaga honorer. Memang pernah anggota dewan mengkritisi ha tersebut, namun mau gimana lagi. Para honorer digaji oleh Pemkab maupun dengan diambilkan dari dana BOS,”ucapnya.

 Menurut Wahidin, pihaknya tidak diam atas adanya permasalahan tersebut. Pihaknya sudah mengajukan penambahan ke BKD Tanjab Barat.

 “Kemudian menggelar rapat terbatas. Hasil dari rapat itu, dalam rekrutmen CPNS 2010 ini, ada 103 orang guru. Mudah-mudahan ini bisa menutupi kekurangan guru di Kabupaten Kita,”tandasnya.(tim)
Share this article :

0 komentar:

Post a Comment

Terimakasih atas Komentar anda

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. TANJAB BARAT Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger